• SMAN 1 PAGUYANGAN
  • Berkarakter, Berprestasi, Ilmiah, dan Berwawasan Lingkungan

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang dikembangkan untuk merespon kebutuhan murid dalam belajar yang bisa berbeda-beda, meliputi kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajarnya. Bentuk pembelajaran berdiferensiasi di kelas dapat mencakup tiga jenis, yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Diferensiasi konten berkaitan dengan perbedaan kontens materi yang diajarkan kepada murid sebagai tanggapan dari kesiapan belajar murid, minat, atau profil belajarnya (visual, auditori, kinestetik) atau bahkan bisa kombinasi dari ketiganya. Diferensiasi proses berkaitan dengan perbedaan proses pembelajaran dengan menyediakan kegiatan berjenjang, adanya pertanyaan pemandu atau tantangan, membuat agenda individual murid, memvariasikan waktu, mengembangkan kegiatan bervariasi, dan menggunakan pengelompokan yang fleksibel. Diferensiasi produk berkaitan dengan perbedaan produk tagihan kepada murid dengan memberikan tantangan atau keragaman variasi dan memilih produk apa yang diminatinya.

Keberhasilan pembelajaran berdiferensiasi tampak pada proses dan hasil pembelajaran. Indikator keberhasilan pembelajaran berdiferensiasi diantaranya siswa merasa nyaman dalam belajar, adanya peningkatan keterampilan baik segi hard skill atau softskill, dan adanya kesuksesan belajar dari seorang murid yaitu murid mampu merefleksikan diri kemampuannya dimulai dari titik awal pembelajaran sampai peningkatan diri selama proses pembelajaran dan pada akhir pembelajaran.

Untuk mendukung keberhasilan pembelajaran berdiferensiasi diperlukan suasana lingkungan belajar yang kondusif. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif antara lain dengan mengembangakan komunitas belajar, membangun sikap menghargai, menciptakan rasa aman secara fisik dan psikis, membangun harapan bagi pertumbuhan, membangun mencapai kesuksesan, dan adanya keadilan dalam bentuk karya nyata.

Implementasi pembelajaran berdiferensiasi memerlukan persiapan-persiapan yang baik. Langkah-langkah persiapan yang perlu dilakukan agar pembelajaran berdiferensiasi dapat berjalan efektiff antara lain: (1) menentukan tujuan pembelajaran; (2) memetakan kebutuhan belajar murid (kesiapan belajar, minat, profil belajar; (3) menentukan strategi dan alat penilaian yang akan digunakan; dan (4) menentukan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi yang akan dijalankan (konten, proses, produk).

Seyogyanya guru harus memahami bahwa setiap murid memiliki kodrat keadaan yang berbeda-beda. Tugas guru adalah menuntun mereka agar mendapatkan kesuksesan hidup sesuai dengan bakat, minat, potensi, dan prestasi yang dimilikinya. Dalam hal ini, mengimplementasi pembelajaran berdiferensiasi berarti telah menuntun murid mengembangkan kemandirian murid dalam mengembangakan dirinya. Dengan pembelajaran berdiferensiasi, murid akan mampu bertanggung jawab terhadap proses dan hasil yang mereka peroleh, serta memiliki regulasi diri yang baik, sehingga akan diperoleh prestasi belajar yang optimal.

Komentar

Sangat bagus penjelasan mudah di mengerti, terimaksih atas penjelasannya setelah saya menbaca penjelasan dari anda saya semakin paham tentang pembelajaran berdeferensiasi, tadi nya saya belum mengerti masih bingung tentang pembelajaran berfeterensiasi. Terimakasih atas ilmunya

Kontennya bagus,membangun tentang bagaimana pendidikan Indonesia supaya lebih baik

Materi sangat menarik dan luar biasa. Bisa dijadikan sebagai referensi untuk selalu membuat sesuatu yang terbaik

Materi yang di sampaikan sangat mudah di pahami terimakasih.

Sangat menginspirasi

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
KARYA SENI MANDALA DALAM PEMBELAJARAN P5 TEMA SUARA DEMOKRASI KELAS XI SMAN 1 PAGUYANGAN

SMAN 1 Paguyangan sebuah Sekolah yang sangat asri, rindang dan sejuk yang berada pada kawasan Brebes Selatan. Pada P5 Kelas XI Tema Suara Demokrasi kali ini mengangkat kegiatan Pembuata

26/09/2023 14:50 - Oleh ETIK MARDIASIH, S.Pd. - Dilihat 12844 kali
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Pancasila merupakan pedoman hidup Bangsa Indonesia untuk mendasari semua sendi kehidupan yang dilaksanakan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Nilai dan norma yang berlaku di Indo

25/09/2023 10:49 - Oleh Eko Nurhayanto, S. Pd - Dilihat 17768 kali
Pendidikan Karakter di SMA N 1 Paguyangan Kabupaten Brebes

“Seorang penuntut ilmu jika tidak dihiasi diri dengan akhlak mulia, maka tidak ada faedah menuntut ilmunya” (Muhammad bin Shalih Al Utsaimin)   SMA N 1 Paguyangan me

23/09/2023 15:43 - Oleh Milati Masruroh, S.Pd - Dilihat 468 kali
Trik Cara Mengajar yang Menyenangkan dan Tidak Membosankan

Salah satu tanda keberhasilan guru dalam mengajar adalah siswa yang sangat antusias dalam belajar dan kepahaman siswa dalam menangkap materi yang disampaikan. Cara guru dalam menyampaik

20/03/2023 09:56 - Oleh Efi Astuti, S.Pd. - Dilihat 37968 kali
PEMBUATAN FLIPBOOK (BUKU DIGITAL) DI CANVA

“Didiklah Anakmu Sesuai Zamannya” (Ali Bin Abi Thalib) Pada pembelajaran abad ke 21, guru menghadapi peserta didik yang merupakan generasi Z, dimana peserta didik ini lahi

27/11/2022 07:58 - Oleh Milati Masruroh, S.Pd - Dilihat 15728 kali